Tuesday, September 13, 2011

KRL Ekonomi Jabodetabek

Sebenernya tulisan ini udah pengen gw publish dari kapan tau. Dari gw masih jadi maba (mahasiswa baru), ampe sekarang gw udah lulus, mau diwisuda. Lama juga yah kalo dipikir pikir (ya udah mending ga usah dipikirin). Tapi baru kesampean sekarang nih. monggo disimak disimak...

Gw mau nyeritain tentang apa yang gw rasain selama ini. Yang udah gw pendem2 dari dulu banget dari lubuk hati yang terdalam (berle banget ye). Ini tentang pengalaman gw naek KRL ekonomi Jabodetabek. Tentang apa yang gw liat, apa yang gw denger, dan apa yang gw rasain (ce ileh, gaya bener dah ah..) 

Bisa dibilang gw adalah salah satu pengguna setia krl jabodetabek waktu gw kuliah. Saking setianya sampe gw jadiin hobi tuh (boong banget, bukan hobi, tapi kewajiban lebih tepatnya, hukumnya fardu 'ain, halah apadeh, abaikan -_-)

Karena gw kebagian kuliah di siang hari bolong, makanya gw berangkat siang. Kalo ada kegiatan tambahan di kampus, baru deh gw berangkat pagi. Kalo berangkat siang, kereta agak sepi sih,, kaya gini lah kondisinya.
Kondisi krl ekonomi krl ekonomi jabodetabek kalo lagi sepi.
Tapi jangan harap nemuin kondisi kaya gini pas jam berangkat kantor atau pulang kantor. keajaiban dunia banget kalo kejadian.
Berangkat siang juga ga ngejamin kereta bakal sesepi ini sih, kadang kalo ada sesuatu hal, kereta bisa penuh sesak bgt. Berangkat udah rapi jali, ok bin kece, mariana renata aja lewat..(lewat doang), ahhh, tapi semua itu sirna ketika gw naek krl ekonomi jabodetabek. Udah panas, sumpek, bocor (kalo ujan), ditambah bonus bau tak sedap dan dempet-dempetan kaya ikan cue (sejenis ikan asin) yang dikarungin atau kaya ikan sarden yang dikalengin. Jadi bayangkanlah. kalo ga bisa bayangin, nih gw kasih gambar nyatanya 
bweh, can you imagine it?
Selain yang gw sebutin di atas, ada l hal lagi nih yang bikin kepala gw bertanduk+keluar asep dari idung. Hal itu adalah "KETERLAMBATAN KERETA". Penyebabnya macem2.  Mulai dari kereta yang mogok, rel yang anjlok, ampe kaga ada sinyal (udah kaya operator telp seluler aja yak)

Gw pernah nungguin kereta 2,5 jam ajaaaa gitu pas mau berangkat kuliah. Waktu itu gw masuk kuliah jam 13.30. Tapi gw ada janji sama temen gw jam 11.00. Gw udah standby di stasiun Bogor dari jam 10.30. And you know whaaaattt? (untung bukan you know me so well). Keretanya baru dateng jam 13.00 ajaaaa. Hyakkk. Mau naek pakuan ekpress tapi ga berhenti di stasiun UI (waktu itu belom diberlakukan single operation system, yg kereta berhenti setiap stasiun, commuter line-red). Mau naek ekonomi, ada sih keretanya, tapi masuk dipo (bengkel). Mau naek bis males banget, tau sendiri kan bis bogor-pasar minggu jalannya kaya kura2 lagi hamil. Alhasil rencana gw janjian ama temen gw gagal total.


Belom lagi kalo tiba2 kereta yg gw tumpangin mogok. Udah enak-enak dapet tempat duduk, eh ternyata eh ternyata musti ganti kereta. Ngomongin masalah tempat duduk, kalo lagi hoki ya dapet duduk, kalo ngga ya berdiri. Lumayan sih (daripada lumanyun). Gw suka sebel tuh sama kaum adam yang ga mau ngalah padahal didepannya ada ibu-ibu ribet bawa anak atau ibu-ibu yang udah tua (a.k.a nenek-nenek). Suka pura-pura tidur lah, baca koranlah, hmmhh ga semua sih, ada juga ko yang mau ngalah. Gw tau mungkin mereka juga cape, tapi mbok ya kalo masih punya hati nurani mah pasti ngasih tempat duduknya itu buat orang yang emang butuh. 


Nah, klo yang ini udah jadi polemik dunia nih. SAMPAH dan ROKOK. Yang paling bikin gw heran adalah orang-orang yang baru nyalain rokoknya ketika mereka naek kereta. Helloooooowwww, kenapa ga pas sebelum naek gitu ngerokoknyaaa? Ada larangannya bukan untuk ga ngerokok di public transportation??. Yah, as you know lah, larangan cuma larangan. Susah kalo ga diniatin dan dimulai dari diri sendiri. 


Trus masalah pengemis dan pengamen yang kalo gw perhatiin makin banyak aja anggotanya tiap hari. Apalagi kalo abis lebaran. Mana suka maksa pula. Yang maksa malah pengemis yang badannya keliatan sehat. Anak kecil juga ga ketinggalan. Emang sih, mereka cari makan dari hal kaya gitu, tapi mau 10 taun kedepan kaya gitu terus? ngga kan. Pemerintah nih di sini yang musti turun tangan buat ngebina mereka biar lebih produktif. Kalo pengamen sih masih mending lah. Ga jarang loh mereka ternyata punya suara emas dan enak didenger. 


Satu lagi yang ga boleh ketinggalan. Yaitu pedagang. Mulai dari makanan, minuman, aksesoris rambut, aksesoris handphone, alat tulis, tisue, bibit taneman, masker, dll. Cara menjajakannya juga macem-macem, dari yang biasa aja ampe yang luar biasa unik. Kaya gini nih contohnya. 
"SERIBU SERIBU, BIAR CEPET KAYA BIAR CEPET KAYA." 
Wah, otomatis orang-orang pada antusias dong (termasuk gw). Apaan tuh Seribu Rupiah bikin cepet kaya. Dan ternyataaa, dia jualan Tempat Lilin ajaaaa. (GUBRAK!). "Biar ntar malem bisa jaga lilin neng" Kata si penjual. Sumpah gw ngakak abis ngedengernya. Ada ada aja deh. 


Sebenernya PT KAI juga ga tinggal diam sih. Spanduk yang berisi larangan buat pedagang, pengemis, dan pengamen juga udah dipasang segede-gede gaban. Tapi ya itu tadi, mereka semua cari nafkah. Butuh kebijakan yang lebih menguntungkan kedua belah pihak lah. 


Dan,, yang paling bikin orang keki setengah idup adalah (eng ing eng, jreng jreng jreng...... Gudubrak!)-->>> Copet dan Tukang Grepe-grepe. Argggghhh. macem-macem nih modus operandi yang dilakukan para copet di "lahan yang sangat strategis ini". Gw pernah mengalami kenangan buruk ama si pencopet (yaiyalah, mana ada kenangan baik sama pencopet). Tas gw pernah disilet. Tas baru beli itu padahal. Busuk bener. Padahal tas itu udah gw pegang dengan erat di depan gw. Tapi Alhamdulillah yg ilang yang ga penting-penting amat (kaya sisir, notes,pulpen, pensil, haha lumayan lah biar tuh copet belajar nulis, ama duit receh palingan). Hp juga untung  masih sehat wal'afiat. Maka WASPADALAH! WASPADALAH! Hati-hati barang bawaan anda jangan sampai berpindah tangan (jadi inget ipa 3). Kalo masalah grepe-grepe Alhamdulillah gw masih dilindungin banget sama Allah SWT. Tapi gw pernah liat mba-mba di depan gw yang "sengaja" didorong dari belakang gitu sama mas2. Akhirnya tuh mba2 gw suruh duduk di samping gw (meskipun empet-empetan). Abis kasian dia. 


Itulah sekelumit kisah yang pernah gw liat, gw denger, dan gw alami seputar perkeretaapian. KRL ekonomi jabodetabek oh KRL ekonomi jabodetabek, ular besi yang satu ini bisa mengangkut ribuan orang setiap harinya. Tapi ribuan orang juga yang terbengkalai kalo krl ini bermasalah. Harga tiketnya yang murah emang jadi prioritas utama buat masyarakat. Apalagi sekarang beda harga karcis krl ekonomi sama commuter line udah Rp.5000(ekonomi =Rp.2000, Commuter line=Rp.7000). Lumayan juga kan tuh kalo diitung-itung sebulan. Terutama buat gw yang waktu itu berstatus sebagai mahasiswa yang masih minta duit ke orang tua. Kalo sekarang2 ini krl ekonomi udah dikurangin jam terbangnya gara-gara ada commuter line. Denger2 sih katanya krl ekonomi mau diilangin. Ga ngerti deh gw.


Smua pada milih naek ekonomi. Mulai dari pelajar, mahasiswa, ibu-ibu yang mau ke pasar, pegawai kantoran,sampe orang-orang yang mau piknik. Gw pernah segerbong sama satu keluarga yang mau piknik gitu. Mereka bawa sebotol sirup, termos, seperangkat alat makan,tikar, sampe bawa telor rebus, dan salah satu dari anak mereka makan telor rebus itu di dalem kereta. Ga kebayang kalo anak itu buang gas saat itu juga, baunya kaya apa -_-.


Yang gw ceritain ini cuma ada di Indonesia. Yap, cuma ada di Indonesia. Tapi masa kita bangga sih sama kondisi yang kaya gitu? 


Yaaahhh, mumpung gw masih di Indonesia. Kalo gw udah  di Jepang pasti gw bakal kangen banget sama semua ini. (Aminn, doakan yah semoga bisa ke Jepang secepatnya).


Ya sudahlah, sekian sepatah dua patah kata dari saya (emang kata-kata bisa dipatahin?  dibahas lagi ama gw -_-, #abaikanabaikan)


Mohon maaf kalo ada kata-kata yang kurang berkenan dan tidak sesuai EYD (Ejaan yang Disempurnakan) dan tidak sesuai dengan kaidah tata bahasa Indonesia yang baik dan benar (Maaf buat guru2 bahasa Indonesia,,, halah, apadeh..). Semoga apa yang gw tulis bisa bermanfaat buat semuanyaaa yaa, Amin.. 




Yosh,, Jaa neee =)

0 comments:

Post a Comment

Tiny Kaoani