Saturday, September 17, 2011

Bikin SKCK

Sekarang gw mau nyeritain pengalaman gw waktu bikin SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian). Agak mendadak sih bikinnya, karna waktu itu butuh buat kepentingan ngelamar ke Angkasa Pura I (Mana nih belom ada panggilan juga sampe sekarang, hahhhh, sabar aja dah..)

Gw bikin SKCK di Polres Depok. Tempatnya ada di seberang kantor walikota Depok. Waktu itu gw bikin sama kembaran gw, Eva. Bokap gw nyusul dari kantor. Udah siang juga waktu itu, karna gw dan eva yang rempong dengan urusan ngeprint mengeprint lamaran. Mana rentalnya bapuk bener lagi, banyak debunya, udah gitu kompinya lamaaaa aja gitu, udah harus di lem biru (lempar beli yang baru), banyak virusnya pulak, hadeeeehh.. 

Sampailah gw dan Eva di Polres Depok. Bokap gw belom dateng waktu itu, beliau masih dalam perjalanan dari kantor menuju polres. Akhirnya gw dan Eva memutuskan untuk ngeliat syarat apa aja yang dibutuhin buat bikin SKCK. 

Daaannn,, eng ing eng,, salah satu syaratnya waktu itu adalah foto ukuran 4x6 6 lembar (banyak bener yak, ini karna gw baru bikin SKCK, kalo yang mau perpanjang cuma butuh 3 lembar ajaa). Setelah gw cek, ternyata eh ternyata foto yang gw punya cuma ada 4 lembar. (Kalo si eva fotonya udah pas ada 6). Selain syarat foto 4x6 6 lembar, syarat yang lainnya yaitu fotokopi ktp, sama surat pengantar dari kelurahan. 

Akhirnya sambil nunggu bokap gw yang tak kunjung tiba, gw dan eva memutuskan untuk ngeprint foto dulu di ITC Depok. Jalanlah kita dengan bolangnya ke itc. Itu pas tengah hari bolong. Mana itu pas puasa pulak. Tapi kebetulan waktu itu gw ga puasa. Gw makin ga enak hati lah sama eva yang lagi puasa dan harus berpanas-panas ria nganterin gw ke itc. Maafkan kembaranmu yang rempong ini yak..

Keluar dari ITC kita memutuskan untuk naek angkot aja, karna ga mau cape kaya pas berangkat tadi. Tapi kita bingung mau nyebrang dimana. Ternyata ada jembatan penyebrangan tapi letaknya lumayan jauh bikin lemes pulak. Nyebranglah kita dengan mendaki jembatan penyebrangan yang tingginya setinggi langit (mulai berle). Pas turun dari jembatan penyebrangan ternyata kita kesulitan nyari angkot. Alamaakk, cobaan banget dah.. Setelah nunggu di terik matahari yang puanase pol, akhirnya naek angkotlah kita. Ternyata kalo naek angkot cepet bener ye, ga berasa, haha. 

Sampe di Polres ternyata Ayahanda kita tercinta sudah menanti di sana dengan setia. Mulailah kita melakukan prosedur bikin SKCK. Pertama-tama kita ngisi form yang lengkaaapppp banget (sampe ada deskripsikan wajah segala, tadinya gw mau nulis cantik tuh, untung cepat dicegah sama si eva, :p). Pas minta form ini kita disuruh bayar Rp.20.000

Setelah itu kita cek sidik jari. Sebelum cek sidik jari kita disuruh ngisi form dulu di luar ruangan sidik jari (hadeuh, cape deh..)
Karna kita ngliat orang2 masi pada rame ngisi form tersebut, maka gw dan eva memutuskan untuk nunggu sambil ngaca-ngaca di depan jendela ruangan sidik jari itu sambil cekikikan becanda-candaan.

Ga lama setelah kelakuan kita yang memalukan itu kita lakukan, ada pak polisi yang keluar dari ruangan itu dan bilang, "De, Mau cek sidik jari ya? Ini isi dulu formnya", sambil dia menjulurkan 2 form itu ke kita berdua. 
Hyakkkkkkk, kita berdua cuma bisa terperanjat bengong nahan malu. Malu semalu malunya orang malu (apadeh). Ternyata jendela itu dilapisin kaca film (yang kalo orang dari luar ga bisa liat yang di dalem, tapi yang di dalem bisa liat dengan jelas). Huaaaaa... Jadi semua tindakan bodoh yang kita berdua lakuin tadi keliatan banget ama bapak2 polisi di dalem. Dan ternyata form itu musti di ambil sendiri di ruangan itu. Kita berdua doang kayanya yang diambilin gitu. Aaaa maluu..

Akhirnya kita berdua ngisi form itu. Setelah ngisi kita masuk ke ruangan dengan muka yang masih merah karna malu. Pas cek sidik jari ini kita disuruh bayar lagi Rp.10.000. Mulailah si eva yang di cek sidik jarinya. Lalu gw. Setelah 10 jari kita penuh dengan tinta, kita disuruh cuci tangan dan nunggu hasilnya keluar. Ga lama kok. 

Setelah hasilnya keluar, dipanggilah gw dan eva. Ternyata pak polisinya baru ngeh kalo kita kembar. Yah elah pak, kemane aje si?? ga up to date banget deh.. (minta ditimpuk sama polisi2 depok nih gw). Salah satu dari mereka yang ngecek pun ngasih tau gini : 
"Yang evi yang mana? Nah kalo si evi ini anaknya doyan kelayapan yaa?"
"Kalo eva anaknya suka ngambek nih.." (pundungan maksudnya).

Dan kita berdua pun tersentak kembali.. Iyyaaaak bener banget ituuuu. pakkkk. Ternyata kepribadian kita bisa dibaca juga ya lewat rumus sidik jari (apa ini cuma kebetulan?).

Setelah urusan sidik jari selesai, kita tinggal nunggu SKCK keluar. Justru pas nunggu SKCK keluar ini nih yang lama. Finally setelah banyak bener kejadian yang kita alamin, jadi juga tuh SKCK. Yeayyy..
Setelah SKCKnya jadi, langsung kita fotokopi buat dilegalisir. 

Tadinya gw sama eva mau sekalian bikin kartu kuning (bikinnya di walikota depok, depan polres). Tapi udah sore waktu itu, jadi kantornya tutup deh. 

Akhirnya petualangan gw dan eva hari itu pun berakhir.. Dan kita pulang ke rumah masing-masing. (kita kembar tapi ga serumah. aneh bukan? bukannnn..)

So, sekian dulu postingan gw kali ini.. Semoga bermanfaat buat yang mau bikin SKCK :)


0 comments:

Post a Comment

Tiny Kaoani