Sunday, October 16, 2011

Ushuaia, The southernmost city in the world

Kemaren gw baru nonton salah satu drama korea yang dibintangi oleh salah satu aktor yang cukup manis (apalagi kalo lagi senyum), namanya Chun Jung Myung. Buat yang belom tau, ini dia wajahnya : 

Ini adalah salah satu scene yang paling gw suka. He looks so cute with that plaid shirt. Kyaaaa.. ati-ati diabetes akh kalo keseringan liat dia (manis soalnya) ;p. 
Nah, pas gw nonton kemaren di salah satu scene-nya, dia sempet menjelaskan sedikit tentang kota paling ujung di dunia. Namanya Ushuaia. Karena gw penasaran, gw searching-searching deh tentang kota paling ujung di dunia tersebut.

Ushuaia adalah ibukota dari provinsi Tierra Del Fuego, Argentina. Terletak di 54° 48’ S (garis lintang) dan 68° 19’ W (garis bujur). Lokasinya di bagian utara adalah gunung Martial dan di bagian selatan adalah kanal atau selat Beagle. Kalo diliat di peta, inilah Ushuaia:


Ushuaia sebenarnya bersaing dengan Chili yang juga mengklaim bahwa kota paling ujung selatan adalah kota Punta Arenas. Namun, kota Ushuaia mungkin memenuhi persyaratan untuk menyandang gelar kota paling ujung selatan dunia karena keberadaannya yang mendekati Antartika. Saat musim panas, suhu di Ushuaia jarang mencapai  9 °C.  (Brrrr.. kebayang ga dinginnya kaya apa?). Matahari terbit di Ushuaia sekitar pukul 06.30 dan terbenam sekitar pukul 20.00. Perbedaan waktu setempat dibandingkan dengan UTC/waktu Greenwich adalah -3 jam.

Bahasa yang digunakan di Ushuaia adalah bahasa Spanyol. Tapi bahasa Inggris, Potugis dan Jerman juga banyak digunakan di sana. Mata uang Ushuaia adalah Argentine Peso. 

Motto Ushuaia adalah "Ushuaia, Fin del Mundo, Principio de todo". Yang artinya "Ushuaia, End of the world, Beginning of everything".

Ini adalah beberapa foto kota Ushuaia : 



Kalo mau tau lebih bayak tentang Ushuaia, bisa diliat di sini : 



Jadi inget lagunya Kahitna yang judulnya untukku : 
"Walau ke ujung duniaaaaaa, pasti akan ku nanti..
 Meski ke tujuh samudraaaa, pasti ku kan menunggu..
 Karena ku yakin, kau hanya untukku.." 
Eaaa,, tetep ya galau detected :p


So, yang mau pergi ke ujung dunia, Ushuaia is your best destination guys :)
  

0 comments:

Post a Comment

Tiny Kaoani