Monday, October 31, 2011

Cerita Seorang Ibu di Kereta

Tadi siang gw ke kampus. As usual lah, naek apalagi kalo bukan naek kereta (bukan kereta kencana tapi yak, hehe). Gw naek krl commuter line di gerbong khusus wanita. Nah pas di kereta tadi gw ngobrol (diajak ngobrol sih lebih tepatnya) sama seorang ibu dan anaknya yang masih SMP di sepanjang perjalanan dari stasiun Bogor sampe stasiun UI.

Awalnya si ibu ini nanya kalo kereta ini berhenti di stasiun gambir apa ngga, gw jawab iya berhenti di stasiun gambir kok. Dia bilang dia mau ngelayat. Sebenernya dia pengen naek bis rombongan gerejanya, tapi dia bilang dia ketinggalan rombongan, jadi mau ga mau dia harus naek kereta. Dari situ percakapan kita jadi melebaaarrr kemana mana. Kemanaaaa kemanaaa kemanaaaa, ku harus mencari kemanaaaa *versi ayu ting tong, bukan ayu ting ting :p*.

Mulai dari masalah harga karcis kereta, sampe masalah susahnya nyari kerjaan. Si ibu itu juga mengalami hal yang sama kaya gw. Anak pertama si ibu lebih tepatnya. Jadi si ibu ini punya anak 5. Yang paling gede umurnya satu tahun di atas gw, cowo, namanya glenn. (Glenn Fredly? ow, tentu bukan sodara-sodara..). Yang paling kecil yang tadi bareng si ibu ini di kereta, masih SMP kelas 2.

Nah mulai lah si ibu bercerita tentang kehidupannya. Tentang anaknya yang di putus kontrak bekerjanya di salah satu perusahaan otomotif ternama di Indonesia. Katanya perusahaan itu lagi goyah, jadi memutuskan untuk melakukan PHK terhadap beberapa karyawannya. Padahal kata si ibu itu, enak kerja di situ, anaknya bisa ngebantuin ke empat adik-adiknya yang masih pada sekolah. Bisa sampe beli motor segala katanya, semua itu hasil jerih payahnya anak pertamanya itu. Padahal anak pertamanya itu cuma lulusan SMK katanya. (Emang kenapa bu kalo cuma lulusan SMK? Yang sarjana aja belom tentu bisa dapet kerja kaya gitu).

Anaknya yang pertama ini sebenernya pengen banget kuliah. Cuma karena terhambat dengan masalah biaya, ya jadi dia harus mengurungkan niatnya. Si ibu bilang, kalo temen-temen anaknya banyak yang kuliah, dan mereka suka maen ke rumahnya si Ibu ini, dan katanya kebanyakan kuliahnya pada nyantai, mereka suka curhat sama si Glen kalo mereka sebenernya males kuliah. Pas denger kaya gitu, si Ibu cuma bisa ngelus dada. Hhhhhh, mereka yang mampu malah menyia-nyiakan kesempatan mereka buat belajar di bangku kuliah. Yang ga punya biaya malah pengen banget kuliah. Miris banget kan.

Si ibu bilang, kalo aja ibu punya biaya, Ibu pasti udah nyekolahin anak ibu sampe ke jenjang yang tertinggi yang anaknya mau. Tapi ya apa boleh buat, nasib berkata lain. Si ibu yang berstatus single parent ini musti banting tulang buat membiayai kebutuhan kelima anaknya. Kebayang ga sih kalian, anaknya yang kedua dan ketiga masih SMA, yang ke empat sama yang ke lima masih SMP. Dan keadaan diperburuk dengan pemutusan hubungan kerja anak pertamanya. Hahhhhh,, cari kerja itu emang gampang-gampang susah ya bu....

Tapi yang gw salut adalah kegigihan si Ibu yang berstatus single parent yang masih mementingkan pendidikan buat anak-anaknya. Yaa,, meskipun si Ibu mungkin hanya sanggup membiayai sampai jenjang SMA.

Hahhhhhhhh,, jadi inget perjuangan bokap nyokap gw yang susah payah ngebiayain kaka gw, gw, dan dua kembaran gw. Alhamdulillah banget kita semua bisa kuliah. Kalo kata kaka tertua gw, sekarang tuh masanya udah kebalik, sekarang giliran kita yang susah payah untuk membahagiakan orang tua kita.

So, you better try to make your parents happy guys :). At least berusahalah untuk ga bikin mereka sedih.

0 comments:

Post a Comment

Tiny Kaoani