Tuesday, November 15, 2011

Ceremai or Dewandaru?

Tadi pas lagi di halaman rumah, gw melihat salah satu pohon yang lagi berbuah. Iseng-iseng gw foto aja deh pohon + buahnya. Kalo kata orang-orang di sekitar rumah gw sih, pohon ini namanya pohon ceremai. Waktu kecil gw suka banget makan buahnya. Asem asem gimanaaa gitu. Tapi kalo yang udah merah banget sih ada manis-manisnya dikit.
Ini dia pohon (yang kata tetangga gw pohon ceremai) yang gw foto tadi :



Sebelum posting ini, gw sempet googling dulu. Dan ternyata pas gw googling dengan keyword 'ceremai', gw menemukan gambar buah yang berbeda. 
Ini buah ceremai hasil googlingan gw :


Dan ini buah (yang kata tetangga gw buah ceremai) yang ada di halaman rumah gw : 




Kalo diliat dari bentuknya sih memang agak mirip ya. Warnanya sih yang beda jauh. 
Nah, akhirnya setelah gw googling lagi kesana kemari, gw menemukan pencerahan. 
Buah yang ada di halaman rumah gw ini sebenarnya bernama Dewandaru (Eugenia Uniflora), aslinya berasal dari Brazilia.




Dewandaru ini memang sering juga disebut 'belimbing londo' atau 'ceremai asam' oleh sebagian besar masyarakat kita. Ga heran kan kenapa tetangga di rumah gw pada bilang kalo buah ini bernama ceremai. 
Ternyata Dewandaru ini punya banyak khasiat loh, Dewandaru punya kandungan antioksidan yang lebih atraktif dibandingkan dengan buah dan sayuran lainnya. Karena itulah buah atau daun dewandaru dipercaya dapat mencegah munculnya tumor atau kanker. Manfaat lain dari buah Dewandaru adalah dapat mengobati rematik dan mengurangi tekanan darah tinggi. Bijinya juga ternyata berkhasiat untuk mengobati diare. Sedangkan daunnya mempunyai khasiat yaitu dapat menurunkan kolesterol dan penghilang rasa sakit karena mengandung minyak atsiri yang bekerja sebagai analgesik (penghilang rasa sakit). 
Waaah, ga nyangka banget ternyata pohon yang ada di depan rumah gw ini punya banyak manfaat. *Hellowww kemana aja lw phe??* 
Cuma dari beberapa artikel yang gw baca sih memang buah ini belum cukup terkenal manfaatnya di masyarakat. Sayang banget kan. Padahal buahnya kecil, tapi khasiatnya banyak banget.

Dan manfaat lain yang belum disebutin di atas adalah ternyata buah Dewandaru lucu juga kalo dijadiin objek 'kreatifitas' gw kaya gini, haha :p : 



       

   

2 comments:

Tiny Kaoani